Kamis, 01 Maret 2012

AWANA Jogja - Konsep blok plan dan massa bangunan

Proyek ini dimulai secara resmi di bulan November 2011. Brief yang diberikan kepada konsultan adalah membuat sebuah Condotel dengan jumlah kamar minimal 200 kamar dan area townhouse dengan target harga jual dibawah 1 miliar untuk townhouse dan 400jt-an untuk harga jual condotel.

site plan yang diberikan telah saya arahkan sesuai kebutuhan bisnis development; yaitu membuat condotel di area depan dan townhouse di area belakang.


di tim yang berbeda, pihak Aston juga sudah siap dengan prosedur pengoperasian hotel mereka. Kami meminta untuk standar Neo hotel dan ternyata sangat sesuai dengan target disain kami.

tanpa berlama-lama, pihak Wastumatra (konsultan arsitek, sekaligus struktur, MEP dan Infrastrukur) langsung memulai dengan konsep yang pas.

namun keberadaan bangunan condotel terlalu masif sehingga mengurangi aura keberadaan dari townhouse.

secara perijinan, bangunan di jogja memang dipatok di ketinggian 25m (maksimal 6 lantai). itu sebelum kami berangkat ke dinas perijinan di jogja. setelah bertatapmuka langsung dengan kepala dinas dan bapak walikota setempat kami mendapat peluang untuk memperoleh kesempatan untuk menambah ketinggian bangunan. ada beberapa dinas yang sangat menjaga ketinggian bangunan di Yogjakarta; yaitu LANUD dan Bappeda.

singkat kata, kami mendapat tambahan ketinggian hingga mencapai 32 meter. bila dibagi dengan ketinggian perlantai, akhirnya kami dapat menambah total jumlah lantai hingga 9 lantai. bangunan bisa menjadi pipih dan akses menuju townhouse menjadi lebih lapang.




2 komentar:

  1. mas minta ijin untuk di share di forum skyscrapercity.com

    http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=250006&page=502

    terima kasih

    BalasHapus
  2. okay... salam buat temen2 di skyscrapercity.com

    salam kenal juga ya.. :)

    BalasHapus